Animal Science
Bahaya Epidemi Mengancam Kelelawar

Baru-baru ini, wabah penyakit telah mengancam kelangsungan hidup populasi hewan-hewan yang berperan penting dalam penyerbukan tanaman pangan seperti kelelawar, lebah madu dan kaum amfibi.

 Astronomy
Ketika ISS Menjadi Sasaran Hacker

Para peretas komputer di seluruh dunia memang menyukai tantangan. Bukan hanya komputer bumi yang menjadi incaran mereka, tetapi mereka bahkan mencoba meretas sistem komputer di luar angkasa sana!

 Information Technology
Riset Kontroversial : Apakah Internet Membuatmu Bodoh?

Pada tahun 2008, Nicholas Carr mempublikasikan opininya tentang internet yang memicu perdebatan sengit para ilmuwan.

 Astronomy
Teka-teki Planet Mirip Bumi

Kemegahan angkasa mengandung sejuta misteri yang mengundang rasa penasaran umat manusia selama berabad-abad. Setiap kali memandang ke langit malam tanpa batas, seringkali rasa ingin tahu itu menghadir

NEWS:
Makanan Oriental Berumur Ribuan Tahun
2012-01-13 09:20:43

Negara Tiongkok rupanya memiliki sejarah kuliner yang sangat panjang, bahkan diduga menjadi salah satu dari peradaban pertama yang menguasai teknik memanggang roti. Penemuan makanan dan tungku perapian di sebuah pemakaman kuno telah menunjukkan China lebih terampil dalam membuat roti dibandingkan dengan orang mesir.

Yiwen Gong, ilmuwan dari University of Chinese Academy of Sciences, menyatakan bahwa denga penggunaan api dan batu asah, sejumlah besar sereal telah diolah menjadi aneka ragam makanan.

Gong dan timnya melakukan penggalian di pemakaman Subeixi didistrik Xinjiang yang memiliki iklim gurun. Kerangka yang dikubur disini kebanyakan lebih terlihat seperti ras Eropa dari pada mongolia. Selain makanan, mereka menemukan bermacam-macam benda, seperti busur, panah, sadel, pelindung leher dari kulit, sepatu, perlengkapan dari kayu, dan sweater di dalam kubur. Namun, para arkelog tersebut lebih berfokus makanan yang mereka temukan, diantaranya kepala domba, bubur, kue bulan dan bakmi. Uji kimia pada penganan ini menunjukkan bahwa semuanya dibuat dari tepung beras.

Karena penasaran, para ilmuwanpun mencoba membuat resep purba ini. Mereka menaruh tepung beras ke dalam sejumlah duplikat peralatan memasak zaman purba untuk melihat bagaimana para koki mengolah makanan ribuan tahun yang lalu.

Masih ada peninggalan makanan dari zaman yang lebih kuno. Arkeolog Houyuan Lu dari Chinese Academy of Sciences' Institute juga menemukan bakmi berusia 4000 tahun di situs arkeologi Laija. Dalam hal itu, bakmi yang ditemukan sangat unik, panjangnya 19,7 inchi dan berwarna kuning terang. Bakmmi ini juga dibuat dari tepung beras. Melihat banyaknya penemuan dari situs-situs yang sangat tua, Gong dan rekan-rekannya meyakini bahwa beras telah menjadi makanan pokok di wilayah Tiongkok sejak 10.000 tahun yang lalu.

Penelitian ini dipublikasikan dalam Journal of Archaeological Science.

http://news.discovery.com/history/ancient-chinese-dinner-archaeology.html



Error connecting to mysql