Environmental Issue
Daun-Daun yang Gemar Bersolek

Klorofil, karotenoid, anthocyanin, dan tanin. Rahasia di balik kecantikan sehelai daun.

 Human Science
Memasak, Membuat Otak Manusia Semakin Pintar

Jika zaman dahulu nenek moyang tak menemukan cara mematangkan makanan mentah, mungkin otak kita sekarang hanya sebesar gorila.

 Robotic
Robot Impian Anak-anak

Apa yang anda harapkan bila robot telah menjadi bagian dari hidupmu sehari-hari?

 Nanotechnology
Memori Selusin Atom

Seiring perkembangan zaman, komputer memang menjadi semakin mini. Bila ratusan tahun yang lalu, komputer berukuran sebesar ruangan, kini komputer bahkan sudah tak dapat terlihat oleh mikroskop biasa!

Robotic
Robot Impian Anak-anak
2012-06-02 00:06:39

Apa yang anda harapkan bila robot telah menjadi bagian dari hidupmu sehari-hari? Bagi kita sebagai orang dewasa, tentu seru sekali saat membayangkan sebuah robot yang dapat menolong kita mencuci baju, membersihkan rumah, membantu pekerjaan di kantor dan sebagainya. Namun, bagaimana dengan anak-anak? Apa yang mereka harapkan dari sebuah robot?

Jangan kira anak-anak hanya berpikir untuk menjadikannya sekedar teman bermain. Anak-anak ternyata menginginkan robot yang keren dan pintar. Robot ini sangat baik hati sehingga tidak aka menjadi sahabat yang cepat menghakimi, dan yang paling penting, anak-anak memimpikan rabot yang dapat menolong mereka mengerjakan PR!

Para ilmuwan mengadakan survei terhadap anak-anak dari enam negara yang berbeda. Mereka diberikan pertanyaan yang sama yaitu mengenai robot ideal yang mereka harapkan. Anak-anak itu diminta menggambar dan menuliskan jawabannnya. Hasilnya menarik, beberapa jawaban terasa begitu dalam dan mengharukan.

“Sejak orang tua saya sibuk bekerja, mereka tidak punya waktu untuk bermain bersama saya maupun memasak makanan di rumah. Sebuah robot tentu dapat menolong mereka melakukannya,” ujar seorang bocah dari jerman berusia 9 tahun.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur bagaimana siswa melihat robot dalam kehidupan mereka. Survei ini digelar oleh lembaga riset Latitute bekerja sama dengan LEGO Learning Institute dan proyek sintesis Australia. Partisipan anak-anak yang terkumpul adalah sebanyak 348 anak yang berasal dari Australia, Perancis, Jerman, Afrika Selatan, Inggris dan Amerika. Sangat disayangkan tidak ada partisipan anak-anak dari Asia padahal Jepang tercatat sebagai salah satu negara pembuat robot. Namun, para ilmuwan berjanji akan mengembangkan survey ini juga untuk menjangkau anak-anak Asia.

 

Imajinasi anak-anak ini memang bermacam-macam. Hasil mayoritas anak menunjukkan bahwa mereka memimpikan sebuah robot yang sabar, pendidik yang suportif, yang dapat memotivasi mereka untuk melakukan sesuatu yang baru dengan percaya diri. Robot-robot ini juga harus dapat membenahi kesalahan ejaan, meningkatkan kemampuan matematika danak dan sebagainya. Hanya 25% anak yang membayangkan robot pengurus rumah tangga.

Di masa depan, robot diharapkan dapat menolong menyingkapkan potensi anak-anak dan dibekali kemampuan mempelajari psikologi lewat pengamatan dan eksplorasinya terhadap pengetahuan dan tingkah laku. Tentu saja dengan adanya survei dan penelitian yang intensif, impian untuk memproduksi robot-robot yang dicintai anak-anak niscaya akan tercapai.

http://www.popsci.com/technology/article/2012-01/what-kids-want-robots-homework-help-and-friendship



Error connecting to mysql