Environmental Issue
Daun-Daun yang Gemar Bersolek

Klorofil, karotenoid, anthocyanin, dan tanin. Rahasia di balik kecantikan sehelai daun.

 Human Science
Memasak, Membuat Otak Manusia Semakin Pintar

Jika zaman dahulu nenek moyang tak menemukan cara mematangkan makanan mentah, mungkin otak kita sekarang hanya sebesar gorila.

 Robotic
Robot Impian Anak-anak

Apa yang anda harapkan bila robot telah menjadi bagian dari hidupmu sehari-hari?

 Nanotechnology
Memori Selusin Atom

Seiring perkembangan zaman, komputer memang menjadi semakin mini. Bila ratusan tahun yang lalu, komputer berukuran sebesar ruangan, kini komputer bahkan sudah tak dapat terlihat oleh mikroskop biasa!

Nanotechnology
Baju Ajaib Mencuci Diri Sendiri
2012-06-02 00:01:09

Mencuci baju biasanya membutuhkan sabun deterjen dan air untuk menghilangkan noda dan bau, mesin pengering dan sebuah setrika untuk merapikannya. Karena banyaknya waktu dan energi yang dihabiskan untuk mengurusi cucian kotor ini, tak heran jika orang-orang mulai berharap ada baju yang dapat mencuci dirinya sendiri. Tapi mungkinkah?

Impian ini sudah selangkah lebih dekat untuk diwujudkan. Penelitian terbaru dari para ilmuwan menunjukkan bahwa serat katun yang dilapisi dengan campuran kimiawi tertentu dapat menghilangkan kotoran dan bau setelah beberapa jam di bawah sinar matahari.

“Teknologi ini dapat diterapkan pada segala jenis benang,” ujar Mingce Long, seorang ahli fisika materi dari Shanghai Jiao Tong University. Ia mengembangkan teknologi ini dengan bantuan koleganya, Deyong Wu.

Benang-benang ajaib yang dapat membersihkan diri sendiri ini mendapatkan kemampuannya dari campuran bahan kimia fotokatalis yang dinamakan titanium dioxide. Fotokatalis dapat mentrigger reaksi kimia dengan bantuan cahaya. Titanium Dioxide ini sebelumnya telah digunakan sebagai campuran bahan sun block dan tinta tato. Selain itu, ada pula bahan silver iodide yang sebelumnya digunakan untuk teknologi fotografi.

Namun kita masih harus bersabar. Para ilmuwan belum bisa menjual baju ajaib yang dapat mencuci diri sendiri ini karena masih banyak tahapan eksperimen yang harus dilalui. Mereka harus memastikan baju ajaib tersebut aman dikenakan oleh manusia. Walaupun titanium dioxide digunakan pada beberapa macam makanan, penelitian medis menunjukkan bahwa bahan ini dapat menyebabkan masalah pada paru-paru.

Ya, semoga saja di masa yang akan datang, kita tidak akan direpotkan dengan urusan cucian lagi karena teknologi telah menolong manusia untuk hidup lebih mudah.

http://www.sciencenewsforkids.org/2012/01/self-cleaning-clothes/



Rating: 3.7/10 (101 votes cast)

Previous Next
yohanessurya.com
Saat ini belum ada komentar yang masuk. Silakan memberikan komentar Anda..

 characters left