Environmental Issue
Daun-Daun yang Gemar Bersolek

Klorofil, karotenoid, anthocyanin, dan tanin. Rahasia di balik kecantikan sehelai daun.

 Human Science
Memasak, Membuat Otak Manusia Semakin Pintar

Jika zaman dahulu nenek moyang tak menemukan cara mematangkan makanan mentah, mungkin otak kita sekarang hanya sebesar gorila.

 Robotic
Robot Impian Anak-anak

Apa yang anda harapkan bila robot telah menjadi bagian dari hidupmu sehari-hari?

 Nanotechnology
Memori Selusin Atom

Seiring perkembangan zaman, komputer memang menjadi semakin mini. Bila ratusan tahun yang lalu, komputer berukuran sebesar ruangan, kini komputer bahkan sudah tak dapat terlihat oleh mikroskop biasa!

Astronomy
Gerhana Matahari Tahun 2012
2012-04-09 15:16:31

Hari yang gelap ketika matahari menghilang dari pandangan telah sekian lama membangkitkan mitos yang menakutkan bagi kalangan masyarakat jaman dulu. Konon tangan monster raksasa berkekuatan jahat bermaksud merampas matahari, sehingga masyarakat primitif menjadi panik dan melakukan beragam ritual untuk mengembalikannya.

Ya… itulah gerhana matahari. Sebuah fenomena alam yang sangat menakjubkan dan hanya terjadi beberapa tahun sekali. Untunglah setelah ilmu pengetahuan berkembang, penduduk bumi akhirnya memahami bahwa peristiwa gerhana hanyalah salah satu peristiwa alam yang wajar terjadi.

Pada bulan mei ini, beberapa wilayah di Amerika Serikat dan Asia akan mengalami fenomena astronomis yang spektakuler karena bumi, bulan dan matahari ada dalam satu garis lurus. Gerhana matahari menang hanya dialami oleh lokasi tertentu saja, tidak seperti gerhana bulan yang dapat diamati diseluruh wilayah bumi yang mengalami malam hari.

Negara bagian USA seperti Nevada, California, Utah, Arizona, Colarado, New Mexico dan Texas, Jepang dan RRC akan mengalami gerhana matahari sebagian pada tanggal 20 Mei tahun ini.

Seperti yang kita ketahui, bulan yang mengelilingi bumi tidak memiliki orbit yang benar-benar lingkaran, tetapi bentuknya cenderung elips. Ini artinya jarak antara bumi dan bulan bervariasi dari waktu ke waktu. Peristiwa ini mengakibatkan adanya perbedaan penampakan gerhana. Jika piringan bulan terlihat sama besar dengan matahari, kita mengalami gerhana matahari total, dimana lapisan fotosfer yang terang dari matahari tertutup sepenuhnya, hanya menyisakan korona sebagai mahkota terluar dari matahari. Namun bila piringan bulan terlihat lebih kecil dari matahari, kita mengalami gerhana matahari sebagian.

Gerhana matahari tidak terjadi setiap waktu, ini merupakan saat yang langka untuk menyaksikan bagaimana matahari dan bulan “berduet” bersama dalam “tarian” di langit yang sama. Pastikan anda menggunakan filter pengaman untuk menyaksikan fenomena alam yang menarik ini.

http://news.discovery.com/space/annular-solar-eclipse-2012-120228.html



Error connecting to mysql