Environmental Issue
Daun-Daun yang Gemar Bersolek

Klorofil, karotenoid, anthocyanin, dan tanin. Rahasia di balik kecantikan sehelai daun.

 Human Science
Memasak, Membuat Otak Manusia Semakin Pintar

Jika zaman dahulu nenek moyang tak menemukan cara mematangkan makanan mentah, mungkin otak kita sekarang hanya sebesar gorila.

 Robotic
Robot Impian Anak-anak

Apa yang anda harapkan bila robot telah menjadi bagian dari hidupmu sehari-hari?

 Nanotechnology
Memori Selusin Atom

Seiring perkembangan zaman, komputer memang menjadi semakin mini. Bila ratusan tahun yang lalu, komputer berukuran sebesar ruangan, kini komputer bahkan sudah tak dapat terlihat oleh mikroskop biasa!

NEW:
Mengubah Berlian Menjadi Komputer
2011-01-15 15:18:42

Selama ini kemilau intan berlian identik sebagai lambang kemewahan dan status sosial. Namun, berlian ternyata memiliki “kesaktian” terpendam yang dapat mengguncangkan dunia sains. Adalah riset nanoteknologi yang menyingkapkan rahasia mahal ini. Lapisan unsur berlian terisi lubang-lubang yang dapat menjadi kunci bagi komputer super di masa depan. Komputer sakti berbasis berlian ini bahkan dapat menyimpan data sejuta kali lebih banyak daripada komputer biasa!

Namun, bukan sembarang berlian dapat disulap menjadi alat teknologi. Superkomputer kuantum ini membutuhkan berlian khusus dengan ketepatan yang lebih besar dari pada yang dapat disediakan oleh alam. Itulah sebabnya para ilmuwan perlu memodifikasinya.

David Awschalom, ilmuwan dari University of California bekerja sama dengan laboratorium nasional Lawrence Berkeley memanfaatkan teknologi yang sudah ada untuk memodifikasi berlian dengan cara membuat banyak “lubang” yang harus diisi dengan atom Nitrogen.

Mereka merancang susunannya dengan menggunakan radiasi ion untuk menyingkirkan dua atom karbon, dan menggantikannya dengan satu atom nitrogen. Dalam waktu satu detik, ilmuwan dapat menyuntikkan 4000 buah atom nitrogen yang berpijar. Dalam semenit, beberapa inchi dari lapisan berlian telah berhasil dibentuk.

Terdengar rumit? Sebenarnya tidak perlu menggunakan teknologi yang terlalu canggih untuk melakukannya. “ Anda dapat membelinya secara online atau meminta perusahaan lain untuk membentuknya dan kemudian anda bebas mengeksplorasi sendiri”, ujar Awschalom

Kunci dari komputer berbasis berlian ini terletak pada sebuah elektron tambahan di lubang. Pada komputer tradisional, informasi disimpan dalam dua kondisi yaitu 0 dan 1 atau arus lemah dan arus kuat. Nah, komputer kuantum ala berlian menyimpan informasi dalam rotasi elektron, bahkan arah rotasi yang beragam membuat informasi dapat disimpan dalam banyak kondisi.

Menurut DiVincenzo, seorang ilmuwan yang terlibat, walaupun komputer berlian belum bisa dipastikan dapat merebut perhatian pasar dan menyingkirkan era komputer silicon, tetapi harapan ini tidak mustahil karena penelitian dibidang ini tetap dikembangkan.

Penelitian spektakuler ini dipublikasikan dalam ACS Nano Letters.

http://news.discovery.com/tech/diamonds-computing-supercomputer.html



Error connecting to mysql