Environmental Issue
Daun-Daun yang Gemar Bersolek

Klorofil, karotenoid, anthocyanin, dan tanin. Rahasia di balik kecantikan sehelai daun.

 Human Science
Memasak, Membuat Otak Manusia Semakin Pintar

Jika zaman dahulu nenek moyang tak menemukan cara mematangkan makanan mentah, mungkin otak kita sekarang hanya sebesar gorila.

 Robotic
Robot Impian Anak-anak

Apa yang anda harapkan bila robot telah menjadi bagian dari hidupmu sehari-hari?

 Nanotechnology
Memori Selusin Atom

Seiring perkembangan zaman, komputer memang menjadi semakin mini. Bila ratusan tahun yang lalu, komputer berukuran sebesar ruangan, kini komputer bahkan sudah tak dapat terlihat oleh mikroskop biasa!

NEW:
Voyager, Teladan Sang Penjelajah
2010-12-16 16:52:13

Mengapa langit berwarna biru? Kemanakah perginya matahari? Dari mana datangnya hujan? Berapa jumlah bintang dilangit?

Pertanyaan sederhana ini telah mewarnai sepanjang sejarah. Perhatikanlah tawa seorang bayi yang berusaha meraih gemerincing mainan di tempat tidurnya, atau seorang balita yang mengejar kupu-kupu. Anda akan mengerti bahwa manusia merupakan mahkluk yang haus dengan rasa ingin tahu.

Pada dasarnya setiap manusia adalah penjelajah. Dunia baru bagi Marcopolo, itu berarti Asia. Bagi Columbus itu berarti Amerika. Dan bagi kita , itu bisa berupa promosi jabatan atau ekspansi baru dalam bisnis. Namun, bagi para astronom, dunia baru adalah rahasia alam semesta.

Apa yang membuat misi penjelajahan sukses? Mari dengarkanVoyager berbagi kisahnya.

Misi Voyager terdiri dari dua bagian kendaraan yaitu voyager 1 dan 2 yang sama-sama bertujuan ke Jupiter dan Saturnus. Keduanya diluncurkan tahun 1977 dan tiba di Jupiter dua tahun kemudian. Awalnya misi ini direncanakan berjalan 4 tahun, tetapi voyager ternyata sanggup berkomitmen selama 32 tahun !

Hingga kini, kedua pahlawan penjelajah ini masih berkomunikasi dengan bumi. Mereka mencetak prestasi mengagumkan karena melakukan perjalanan yang lebih jauh dari pada yang direncanakan. Voyager 1 yang kini sedang meninggalkan tata surya merupakan penjelajah yang menempuh jarak terjauh, dengan posisi 100 kali lebih jauh dari jarak bumi-matahari. Sementara, voyager 2 juga menyusul “kakaknya” setelah mengunjungi Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

Menurut astronom Chris P.Jones yang terlibat dalam proyek ini, kesetiaan voyager membutuhkan dukungan penuh dari para pengutusnya, baik uang, maupun komitmen. Walaupun kini bahan bakarnya tidak diisi lagi, karena tak seorangpun yang menyangka voyager dapat berkomitmen dalam kurun waktu yang lama, pesawat itu masih mengirim sinyal. Kunci keberhasilan misi voyager adalah pengujian yang teliti, teknologi yang matang, dan perancangan diatas rata-rata. Intinya, berikan lebih banyak bila anda menginginkan hasil yang maksimal.

Sebuah pejelajahan dapat dikatakan sukses bila mereka menyelesaikan tahap primer dalam misi tersebut. Namun, voyager melakukan lebih dari itu. Setelah menyelesaikan satu misi, mereka mengembangkan diri untuk misi selanjutnya. Kita tunggu saja, di abad ini apakah akan ada kendaraan penjelajah antariksa yang akan mengikuti jejaknya?

http://news.discovery.com/tech/top-5-explorer-spacecrafts.html



Error connecting to mysql