IZhO ke-10
Tim Indonesia berhasil memboyong 3 medali emas di IZhO ke-10

Selamat kepada Tim Indonesia yang berhasil meraih 3 emas, 2 perak dan 4 perunggu dalam International Zhautikov Olympiad 2014 yang diadakan di kota Almaty, Kazakhstan pada tanggal 12-18 Januari 2014.

 Surya University
Untukmu bangsa tercinta, Surya University kebanggan Indonesia

Surya University (Unvertas Surya) didirikan dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 07/E/O/2013

 Liputan Media
Tidak ada Anak Bodoh

Ketika dunia pendidikan sedang dipusingkan oleh masalah ujian nasional dan penyusunan kurikulum baru, Yohanes Surya justru bersetia menjalankan misinya: mencetak murid Indonesia berprestasi.

 APhO ke-14
Indonesia berhasil meraih the Absolute Winner dalam APhO ke-14.

Indonesia berhasil meraih the Absolute Winner dalam Asian Physics Olympiad ke-14 yang diselenggarakan di Bogor pada tanggal 5 - 13 Mei 2013.

ICYS 2013
Ilmuwan Muda Indonesia Sumbang 5 Medali & 3 Special Awards
2013-04-26 15:06:13

(20/4) Anak-anak Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa dalam ajang International Conference of Young Scientists (ICYS) 2013 yang berlangsung 15-22 April 2013 di Bali. Total 5 medali dan 3 Special Awards berhasil dimenangkan siswa-siswi Indonesia.

Sebagai peserta perempuan, Melody Grace Natalie dan Mariska Grace ternyata tidak bisa dipandang sebelah mata. Mereka masing-masing menyabet 1 medali emas. Melody Grace, siswi SMA Stella Duce I Yogyakarta berhasil merebut emas dalam bidang Life Sciencedari penelitiannya yang berjudul Potential of squid Eye Lenses as UV Absorber. Sedangkan Mariska Grace dari SMAK Cita Hati mempresentasikan karya ilmiah dalam kategori Environmental Scienceberjudul A Novel Approach in Using Peanut Shells to Eliminate Copper Content in Water.

Selain itu, M. Arifin Dobson (SMAN 3 Bandung) juga turut menyumbangkan satu perak dalam kategori Applied Physicslewat penelitiannya yang berjudul EcoSol Solar Thermal Collector – Sun Harvester oleh Muhammad Arifin Dobson dari. Duamedali perunggu lainnya diraih Avip N. Yulian (SMA 2 Kudus) dari kategori Apllied Physics dan Putu Handre K. Utama (SMAN Bali Mandara) dari kategori Mathematicslewat penelitiannya masing-masing yang berjudul Ocean Waves Energy to Generate Electrical Power in an Island with Steep Cliff Coast dan Mathematics and Statistics to Prove the Mythology of Caka Calendar.

Special Award for Serious Global Thinking in Theoretical Physics diraih oleh Yassironi M. (SMAN 1 Yogyakarta) dengan penelitian Analysis of Force Increase at Fluid Flow Based on Bernoulli Principle. Stephanie Salim (Chandra Kusuma School) mendapatkan Special Award for The Youngest Most Enthusiastic Presenter in Environmental Science lewat penelitiannya Banana Peel: Isn’t A Waste, It Can Be Served on Your Dining Table. Sedangkan  Jaler S. Maji (SMAN 6 Yogyakarta) meraih Special Award for Reviving Traditional Values in Computer Science lewat penelitiannya Visualization of Children Traditional Game.

Pada acara awarding & closing ceremonyini, Monika Raharti selaku President of Local Organizing Committe ICYS 2013mengatakan,"Kita patut berbangga hati. Persaingan tahun ini cukup berat. Banyak presentasi karya ilmiah dari negara lain yang bagus. Tapi, ternyata peserta dari Indonesia juga bisa menunjukkan bahwa mereka unggul di bidangnya."

Ia pun kemudianmenjelaskan kunci mengapa presentasi karya ilmiah ilmuwan muda Indonesia bisa unggul di ajang internasional."Setiap tahun penelitian setiap peserta selalu berkembang. Mereka tak melulu hanya menitikberatkan penelitian pada hal-hal modern.Beberapa dari mereka juga tak melupakan sisi tradisional masyarakat Indonesia. Contohnya saja tahun ini kita bisa melihatnyadari penelitian Handre mengenai kalender Saka dari Bali dan Jaler tentang permainan tradisional Indonesia."

Selain medali yang diberikan dari committe ICYS 2013, ada pula 3 penghargaan bagi 3 peraih medali emas persembahan PT Softex Indonesia dan PT Freeport Indonesia, 3 penghargaan bagi 3 peraih medali perak persembahan PT Star Energy, PT Indocement Prakarsa, Tbk., dan PT Inti Garda Perdana, serta 2 penghargaan bagi 2 peraih medali perunggu dari Blibli.com dan PT Mandawani Mandiri.

Ada pun penerima 2 penghargaan bagi peraih medali emas dari PT Softex Indonesia adalah Pavlovic Luna dari Kroasia dengan penelitian Water Quality Testing of The Brroks in The Vrbovec Area & The Surrounding Area (bidang Environmental Science) dan Eva Bernadett Benyei dari Hungaria dengan penelitian The Secrets of Bio Luminescence: Possibilities offered by Lux Genes (bidang Life Science).  Sedangkan penerima penghargaan bagi peraih medali emas dari PT Freeport Indonesia adalah Joon Man Yi dari Korea atas penelitiannya yang berjudul Soil Remeditation of Oil Contamination Using Hydrogen Peroxide (bidang Environmental Science).

Penghargaan bagi 3 peraih medali perak dipersembahkan oleh PT Inti Garda Perdana kepada Marcin Taton dari Polandia dengan penelitian yang berjudul The Mousemobile (bidang Applied Physics); oleh PT Star Energy kepada M. Arifin Dobson dari Indonesia; dan terakhir oleh PT Indocement Prakasa, Tbk kepada Daniel Spencer dari Britania Raya dengan penelitian Magnetism of 2D Arrays of Nanoparticles (bidang Theoretical Physics).

Pengahargaan bagi peraih 2 medali perunggu dipersembahkan oleh Blibli.com kepada Arjen W. Kremers dari Belanda dengan penelitian The Potential of Open Data in Public Transportation dan oleh PT Mandawani Mandiri kepada Litkin Ilya dari Ukraina dengan penelitiannya Analyzer of Quality of Surfaces. Keduanya bertanding di bidang Computer Science.

Dalam acara ini diumumkan pula pemenang dalam sesi Poster Exhibition yang dilangsungkan (16/4) lalu. Acara ini telah dihadiri oleh kurang lebih 150 siswa dan guru sekolah menengah di daerah Bali. Sebanyak 7 poster dari 6 kategori yang ada berhasil menggugah hati para juri. Mereka adalah Pichayapron Deschsakul dari Thailand dengan penelitiannya The Efficiency of Piezoelectric Harvesting and Application (bidang Applied Sciece), Dong Hyun Ahn dari Korea dengan penelitiannya On Optimal Covering of Lattice-Structured Sets (bidang Computer Science), Irem Erdim & Yudum S. Gunday dari Turki dengan penelitiannya Enzymatic Decolorization of Textile Dye Stuff (bidang Environmental Science), Erdoğan O. Akyıldız dari Turki dengan penelitian Development and Testing of Recombinant Divercine V41 Derivates (bidang Life Science), Nezhura Vladyslav dari Ukraina lewat penelitian Polynomial Invariants of Knot Theory (bidang Mathematics), Evgeniy Fadeev dari Rusia dengan penelitian Wave Propagation Throw Array of Scatterers dan Zakhar Yakubouski dari Belarus dengan penelitian Percolation as A Model of Phase Transition (bidang Theoretical Physics).

Awarding & closing ceremony ICYS 2013 turut dihadiri oleh Monika Raharti sebagai President of Local Organizing Committe ICYS 2013, Syailendra Harahap sebagai Chairman of Local Organizing Committe, Ekayani Go, Marketing Manager PT Softex Indonesia, Riza Pratama selaku CSR Officer PT Freeport Indonesia, PM. Susbandono, dan Vice President HR & ServicesPT Star Energy dan tamu undangan lainnya.

Informasi Singkat Mengenai ICYS

ICYS adalah sebuah perlombaan karya ilmiah tingkat dunia bagi siswa sekolah menengah yang sudah berlangsung sejak tahun 1993. Pada tahun ini, Indonesia kembali menjadi tuan rumah acara ICYS untuk kedua kalinya. Sebelumnya ICYS di Indonesia berlangsung pada tahun 2010.

Tahun ini, sebanyak 133 peserta dari 23 negara mengikuti ICYS. Negara-negara tersebut adalah Belanda, Belarus, Brazil, Britania Raya, Cina, Georgia, Hongaria, Iran, Jerman, Korea Selatan, Kroasia, Malaysia, Polandia, Republik Ceko, Rumania, Rusia, Serbia, Singapura, Taiwan, Thailand, Turki, Ukraina, dan Indonesia.

Ada 6 kategori penelitian yang dipertandingkan, yaitu Theoretical Physics, Applied Physics, Matheatics, Computer Science, Environmental Science, dan Life Science. Presentasi karya ilmiah diadakan selama 10 menit dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan para juri internasional selama 5 menit. Kegiatan ini akan dilakukan secara tertutup dalam bahasa Inggris.

Tidak seperti lomba lain yang biasanya memiliki tema khusus, ICYS membebaskan topik penelitian para ilmuwan muda yang bertanding. Mereka biasanya akan mempresentasikan karya ilmiah dengan latar belakang masalah di negaranya masing-masing dan memberikan solusi terkait masalah tersebut dengan cara serta sumber daya yang cocok dengan negaranya.

Penyelenggaraan ICYS 2013 mendapat dukungan penuh dari Surya Institute dan Surya University. Selain itu, acara ini dapat terlaksana berkat dukungan beberapa pihak yang peduli atas perkembangan ilmuwan-ilmuwan muda Indonesia: PT Softex Indonesia, PT Freeport Indonesia, PT Star Energy, PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk, PT Inti Garda Perdana, PT Mandawani Mandiri, Blibli.com, PT Astra OtoParts (produk KYB Shock Absorber), dan Garuda Indonesia. (***)



Rating: 3.8/10 (96 votes cast)

Previous Next
yohanessurya.com
Saat ini belum ada komentar yang masuk. Silakan memberikan komentar Anda..

 characters left