TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
ICYS


International Conference of Young Scientists (disingkat ICYS) (http://metaleltheu/~ icys) adalah lomba presentasi hasil penelitian untuk siswa sekolah menengah bertaraf internasional.  Bidang penelitian yang dilombakan adalah Fisika, Matematika, Ilmu Komputer dan Ekologi. Diinisiasi oleh 2 universitas terkemuka di Hongaria dan Belarusia, ICYS pertama kali diselenggarakan pada tahun 1993 di Belarusia. Setelah itu lomba ini dilaksanakan secara bergilirian di negara-negara Eropa.  Indonesia bergabung dalam komunitas lomba penelitian ini pada tahun 2005 dengan Prof. Yohanes Surya, PhD sebagai representative Indonesia untuk ICYS.

Pada kesempatan pertama tersebut Indonesia berhasil merebut sebuah medali perunggu dan satu Special Award for Interesting Lecture.  Pada tahun-tahun berikutnya, dibawah pembinaan Surya Institute yang dikoordinasi oleh Monika Raharti MSi, prestasi Tim Indonesia terus meningkat secara signifikan, hingga akhirnya pada tahun 2009 Indonesia berhasil memenangkan medali emas untuk pertama kalinya, sekaligus meraih posisi tertinggi untuk perolehan medali (seluruh anggota tim Indonesia meraih medali). Tim mempersembahkan 6 medali emas, 1 medali perak dan 3 medali perunggu untuk negeri tercinta, Indonesia.

Adapun tujuan lomba ini diselenggarakan untuk menggali potensi peneliti muda yang kelak dapat berperan dalam penemuan dan pengembangan science untuk meningkatkan kualitas hidup seluruh umat manusia di dunia.


www.suryainstitute.org