TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Di Balik Bentuk Tabung Gas


Tanya: Yth. Prof. Yohanes Surya, Ph.D.Pertanyaan saya ini mungkin menggelikan bagi Bapak, tapi terus terang sampai sekarang saya belum memperoleh jawaban yang memuaskan.
Setiap saya melihat tabung gas atau tanki minyak, saya selalu bertanya-tanya tentang bentuknya. Mengapa tidak pernah berbentuk persegi (kotak) atau segitiga? Apakah karena sifat gas dan minyak atau ada alasan lain? Terima kasih.
(Dana Wisastra, lewat surat-e)

Jawab: Minyak dan gas adalah fluida yang mempunyai sifat mudah mengalir dan mudah mengalami gejolak atau turbulensi (gerakannya kacau) ketika mengalami hambatan dalam gerakannya. Misalnya, air mengalir yang dihambat suatu penghalang akan menunjukkan gerak turbulensi ini (lihat gambar). Tempat yang berbentuk silinder (ditambah dengan ujung keluar yang berbentuk seperti leher botol) akan lebih memudahkan fluida mengalir keluar (alirannya laminer atau teratur, tidak turbulen, lihat gambar). Semoga jawaban ini memuaskan Anda.



(Yohanes Surya)