TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Asal Usul Warna


Tanya:  Yth. Prof. Yohannes Surya, mohon maaf bila pertanyaan ini pernah diajukan sebelumnya. Saya ingin tahu darimana datangnya warna-warna yang selalu kita lihat. Saya pernah mendapat info, sebenarnya semua benda itu tidak mempunyai warna, warna timbul akibat adanya cahaya, dan lain-lain yang saya kurang mengerti teori dan teknisnya. Apakah benar demikian? Mohon pencerahannya, Prof!  Terima kasih sebelumnya. (K. Amadhea Irdam, di Jakarta)

Jawab: Cahaya Matahari terdiri atas berbagai gelombang. Ketika cahaya Matahari mengenai suatu benda, benda itu akan memantulkan sebagian atau seluruh gelombang cahaya tersebut. Ketika suatu benda hanya memantulkan gelombang dengan panjang gelombang sekitar 400 nanometer (1 nanometer = sepersemilyar meter), maka gelombang ini akan mengenai mata kita. Oleh otak kita, gelombang ini diinterpretasikan sebagai warna biru. Sehingga kita akan melihat benda itu berwarna biru. Kalau panjang gelombang yang dipantulkan sekitar 700 nanometer, benda akan terlihat berwarna merah. Benda akan terlihat warna putih jika memantulkan semua gelombang dan akan berwarna hitam jika menyerap semua gelombang.



(Yohanes Surya)