TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Mobil Disambar Petir


Tanya: Hallo, Prof. Johanes.Ketika kecil, saya naik mobil bersama anggota keluarga lain. Waktu itu, hujan rintik-rintik. Tiba-tiba sinar yang sangat terang menyelimuti sekitar mobil yang kami tumpangi. Kami tahu itu petir. Sesampai di tujuan, barulah kami tahu bahwa mobil kami benar-benar disambar petir. Ini terbukti dari gosongnya tangkai kipas kaca depan. Seketika kami mengucapkan puji syukur kepada Tuhan YME yang masih memberikan keselamatan pada kami. Pertanyaan saya, mengapa kami masih bisa selamat dari sambaran petir itu? Terima kasih atas jawaban Prof. Johanes. (Iman Sudibyo, di Cirebon)

Jawab: Sdr. Iman, logam mempunyai sifat yang unik. Ketika pada logam tersebut diberi muatan listrik, maka muatan listrik akan segera tersebar di permukaannya. Mobil terbungkus oleh bahan logam (campuran alumunium). Ketika mobil tersambar petir, muatan listrik dari petir akan diterima oleh bahan logam ini lalu disebarkan ke seluruh permukaannya. Jika ada jalan ke bumi, muatan ini akan mengalir ke bumi. Orang yang berada di dalam mobil aman-aman saja. Ia terlindungi dengan baik karena tidak ada muatan listrik yang masuk mobil. Itu sebabnya kalau ada petir dan badai, sebaiknya tetap berada di dalam mobil. Jangan keluar, apalagi berlindung di bawah pohon atau di lapangan terbuka.



(Yohanes Surya)