TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Kaca Mobil Berembun


Tanya: Dear Prof. Yo, Mohon penjelasan mengapa kaca mobil yang berembun karena hujan lebat di luar (dan AC mobil tidak dinyalakan) ketika dilap dengan lap basah dengan sedikit shampoo, kaca menjadi bersih dan tidak berembun lagi? Berbeda jika kaca mobil hanya dilap tanpa shampoo (yang segera akan berembun lagi). Mengapa bisa begitu ya Prof.? Terima kasih atas perhatian dan penjelasannya. (Emma, di Yogyakarta)

Jawab: Sdri. Emma, di dalam mobil terdapat uap air. Ketika suhu di luar mobil turun, kaca menjadi dingin. Uap air (berasal dari napas kita atau yang berasal dari penguapan cairan di dalam mobil) yang dekat dengan kaca akan mengembun, sehingga kaca menjadi basah (berembun). Jika kita membersihkan dengan lap, uap air yang lain akan mengembun, membuat kaca menjadi basah kembali. Ketika kita menggunakan shampoo, shampoo ini mengurangi tegangan permukaan air (gaya tarik antara molekul air), sehingga air tidak mudah untuk mengumpul membentuk tetes-tetes air. Itu sebabnya tidak terlihat embun lagi pada kaca.



(Yohanes Surya)