TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Roda Seolah Berputar Terbalik


Tanya: Yth. Bapak Yohanes Surya, Mohon penjelasan Bapak soal fenomena roda mobil balap F1 ataupun mobil rally. Bila kita menonton tayangan lomba balap mobil F1 atau rally di televisi, akan terlihat seolah-olah roda mobil berputar terbalik ketika mobil ditambah kecepatannya setelah menikung. Ini terlihat lebih jelas pada ban yang ada tulisannya.

Mohon penjelasan ilmiahnya atas fenomena ini ya Prof. Terima kasih. (Widjaja Tedjo, di Malang)

Jawab: Saudara Widjaja Tedjo, apa yang Anda lihat sebenarnya suatu ilusi optik. Film di televisi atau bioskop terdiri atas serangkaian gambar yang muncul secara berurutan dengan kecepatan 24 gambar setiap detiknya. Kecepatan ini cukup tinggi bagi otak kita untuk melihat gambar-gambar itu sebagai suatu kejadian yang kontinyu.

Jika kecepatan putar roda itu 1/24 putaran tiap detik, maka kita akan melihat roda diam. Jika kecepatan putaran roda lebih cepat dari 1/24 putaran per detik, roda akan terlihat berputar tetapi lebih lambat dari keadaan sebenarnya. Namun, jika kecepatan putaran roda ini lebih lambat dari 1/24 putaran per detik, maka roda akan terlihat berbalik arah.



(Yohanes Surya)