TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Bergerak Maju padahal Menanjak


Tanya:Salam kenal, Pak Yohanes Surya. Saya ingin menanyakan sesuatu. Di Korea, tepatnya di Je-ju Island, ada jalan yang dinamakan "Mysterious Road". Ada yang aneh di sana sebab setiap benda yang diletakkan di atas jalan itu bisa bergerak maju, padahal jalan itu menanjak. Mulai dari botol minuman kosong sampai bus pariwisata yang sarat penumpang, semuanya bisa menanjak meski mesinnya tidak dinyalakan. Saya bingung.
Logikanya, tiap barang yang di letakkan di permukaan jalan yang menanjak akan meluncur turun, bukannya menanjak seperti di jalan itu, apalagi kalau benda itu berat bobotnya seperti bus. Bagaimana fenomena itu bisa dijelaskan, Prof.? Terima Kasih.
(Ratna Juanita Setiawati, ****_juanita@yahoo.co.id)

Jawab: Ibu Ratna, saya berharap jawaban saya setidaknya bisa mengurangi kebingungan Anda. Jalan seperti yang Anda ceritakan itu juga ada di daerah Arab. Itu ilusi mata saja. Jalan itu sebenarnya miring, tapi kemiringannya kecil sekali (sekitar 1o - 5o), sehingga tidak terlihat. Bila kita berdiri di suatu jalan yang kemiringannya lebih besar, baru jalan itu akan kelihatan naik atau menanjak.
Pada jalan yang cukup licin dengan kemiringan 5o mobil bisa dipercepat dengan 0,8 m/detik2. Artinya, tiap detik kecepatannya bertambah 2,9 km/jam. Ini cukup besar. Bayangkan, dalam 10 detik kecepatannya bisa mencapai 29 km/jam. Jadi, tidak heran kalau botol minuman dan bus pariwisata akan meluncur di "jalan misterius" itu, walaupun mesin tidak dinyalakan.Sudah tidak bingung lagi 'kan, Bu Ratna?



(Yohanes Surya)