TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Menimbang Masa Atom "H"


Tanya: Prof. Yohanes, saya lagi bingung nih. Saya baca di buku kimia bahwa massa 1 atom H adalah 1,66 x 10-24 g. Ini bilangan yang sangat kecil ‘kan? Bagaimana para ahli mengukur massa atom H itu.Hal lain, di buku juga tertulis bahwa setetes air hujan mengandung 1 x 1018 partikel. Bagaimana cara menghitungnya ya Prof.? Semoga Prof. bisa membantu memecahkan kebingungan saya. Terima kasih atas jawabannya. (Etty, di Bogor)

Jawab: Sdr. Etty yang teliti, untuk mengukur massa atom H orang bisa memanfaatkan banyak cara. Atom hidrogen terdiri atas satu proton dan satu elektron. Massa elektron bisa ditentukan lewat percobaan Thomson, yaitu dengan melewatkan elektron pada medan listrik dan medan magnet. Massa proton dihitung dengan spektrometer massa, suatu alat yang bekerja dengan melihat efek medan magnet pada proton yang bergerak dengan kecepatan tertentu.
Untuk menghitung jumlah partikel dalam tetes air hujan, pertama kita ukur massa tetes tersebut. Kita tahu, air hujan terdiri atas molekul-molekul air. Molekul air terdiri atas dua atom hidrogen dan satu atom oksigen. Dengan mengetahui massa satu molekul air, jumlah molekul air dalam tetes itu dapat dihitung dengan membagi massa tetes air dengan massa satu molekul air.
Dengan jawaban ini mudah-mudahan Anda tidak bingung lagi.



(Yohanes Surya)