TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Ban Sepeda Cepat kempis


Tanya: Prof. Yohanes Yth., saya punya pertanyaan yang sampai sekarang belum saya temukan jawabannya. Dengan menyampaikan pertanyaan saya lewat rubrik ini saya berharap Prof. Yo bisa memberi jawaban. Begini Prof., kalau tidak salah, sebagian orang berpendapat bahwa kalau kita punya kendaraan beroda (sepeda, motor, mobil) atau bola dan selalu menggunakannya, ban kendaraan atau bola itu akan lama kempisnya. Sebaliknya, bila sepeda, motor, mobil atau bola tidak digunakan, ban atau bola itu malah cepat kempis. Benarkah demikian dan bagaimana penjelasannya? (Tjatur Sriwibowo, di Tangerang)

Jawab: Sdr. Tjatur, saya coba jawab pertanyaan Anda dan mudah-mudahan memuaskan. Seperti kita ketahui, ban kendaraan dan bola bisa digunakan bila ke dalamnya diisikan udara. Udara punya sifat bisa menyusut dan memuai. Ketika bola tidak digunakan, udara di dalam bola itu mendingin. Pendinginan ini menyebabkan volume udara berkurang sehingga ban atau bola itu akan kempis. Ketika ban atau bola aktif digunakan, molekul-molekul udara di dalam bola aktif bergerak, membuat bola tetap hangat dan tekanan udara di dalamnya tidak banyak berubah. Ini akan membuat volume bola tidak banyak berubah sehingga bola menjadi lama kempisnya. Untuk membuktikannya lebih lanjut, coba masukkan balon dalam kulkas, dan lihat apakah balon akan kempis.
Jadi, apa yang Anda dengar itu benar adanya.



(Yohanes Surya)