TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Di Mobil, Benda Jatuh Tegak Lurus


Tanya: Saya memperhatikan, mencoba, dan bertanya ke sana kemari, belum mendapat jawaban yang memuaskan. Setiap kali kita menjatuhkan atau melemparkan benda tegak lurus di dalam kendaraan yang berjalan dan tertutup (jenis apa saja: kereta, mobil, dll.) mengapa benda itu selalu jatuh di tempat awal benda dilemparkan atau jatuh di tempat (misalnya tangan) dalam kondisi tegak lurus?

Logikanya, benda yang dilemparkan atau dijatuhkan akan berpindah tempat atau bergeser dari titik awal benda itu dilemparkan atau dijatuhkan, yang jauhnya tergantung pada tinggi atau rendahnya lemparan atau dijatuhkannya benda tersebut dan kecepatan kendaraan itu sendiri. Mohon penjelasan. (Kasmono, di Ambarawa).

Jawab: Pada waktu kita berdiri dalam kendaraan yang berjalan dengan kecepatan konstan, posisi kita adalah diam relatif terhadap kendaraan. Semua benda yang berada di dalam kendaraan itu diam relatif terhadap kendaraan itu. Akibatnya, ketika kita menjatuhkan benda, benda akan jatuh tegak lurus. Namun, tidak demikian dengan orang yang mengamati dari luar. Orang di luar melihat kereta dan semua benda di dalamnya bergerak dengan kecepatan yang sama. Jika kendaraan itu transparan (dapat dilihat dari luar), maka orang di luar akan melihat gerakan benda jatuh itu melengkung seperti parabola. Gerakannya mirip dengan gerakan parabola benda yang dilempar mendatar.

Oleh Einstein gejala ini telah diamati dan dimasukkan dalam postulat pertama hukum relativitas. Dikatakan oleh Einstein bahwa semua hukum fisika berlaku sama di dalam tempat yang bergerak dengan kecepatan konstan atau tempat yang diam.



(Yohanes Surya)