TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Dari Mana Datangnya Hidrogen?


Tanya:Saat ini banyak ditawarkan mobil yang menggunakan bahan bakar hidrogen sebagai sumber energi pengganti bahan bakar fosil. Dengan bahan bakar ini mobil akan lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan menggunakan bahan bakar fosil yang dituding merusak kualitas udara.

Hanya saja, saya masih bingung dari manakah sumber bahan bakar hidrogen itu berasal? Jika hidrogen berasal dari elektrolisis air (2H2O —> H2 + 2O2), akankah energi yang diperlukan untuk mengurai air tadi akan sama dengan energi yang didapat dari pembakaran hidrogen di mesin bakar (2H2 + O2 —> 2H2O)?

Dengan kata lain, jika hukum kekekalan energi itu berlaku, maka energi untuk mendapatkan hidrogen akan sama dengan energi hasil pembakaran hidrogen. Bagaimana cara mendapatkan hidrogen secara murah tanpa tergantung bahan bakar fosil? Salam. (Agung Prastowo, di Bogor)

 Jawab: Hidrogen dapat diperoleh dengan berbagai cara antara lain dengan memanaskan senyawa hidrokarbon (gas alam, batubara, metanol, dan propana). Bisa juga dengan menggunakan tenaga Matahari, biomassa, tenaga air, panas Bumi, ataupun tenaga angin. Beberapa alga dan bakteri dengan bantuan sinar Matahari dapat membebaskan hidrogen pada kondisi tertentu.

Energi efektif yang dibutuhkan untuk mengelektrolisis air tidak sama dengan energi yang dihasilkan dari penggabungan hidrogen dan oksigen. Hal ini disebabkan pada kedua proses ini ada sebagian energi yang hilang sebagai panas.

Cara mendapatkan hidrogen dengan murah adalah dengan menggunakan senyawa hidrokarbon alam (yang sekarang paling banyak digunakan) atau dengan memanfaatkan energi alam (Matahari, angin, air, ataupun panas Bumi) untuk mengelektrolisis air. Penggunaan bakteri dan alga untuk mengelektrolisis air juga sedang  diteliti.



(Yohanes Surya)