TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Ikan Juga Punya Telinga


Tanya: Prof. Yohanes Surya yang baik, saya punya sebuah akuarium di rumah. Di dalamnya ada alat untuk membuat gelembung udara. Alat tersebut menimbulkan bunyi yang menurut saya sangat mengganggu. Herannya, ikan-ikan yang ada di dalam akuarium tampak tidak terganggu sama sekali oleh suara itu.
Yang ingin saya tanyakan, apakah seekor ikan tidak memiliki indra pendengar? Bila memang tidak ada indera pendengaran, indra apa yang paling besar perannya dalam kehidupan ikan itu? Terima kasih atas penjelasan Prof. Yo.
(Dzaki Perdana. A., di Kebumen)

Jawab: Sdr. Dzaki, tentu ikan mempunyai telinga dalam dan mempunyai alat indra di sepanjang garis memanjang pada tubuhnya sebagai alat pendengarannya. Alat ini digunakan untuk mengetahui bunyi gerakan musuh atau mangsanya pada jarak yang jauh dari berbagai arah. Kemampuan telinga menerima bunyi berbeda-beda tergantung jenis ikannya. Ada yang mampu menerima bunyi setinggi 180 kHz yang tidak dapat ditangkap oleh telinga manusia (batas pendengaran manusia 20 Hz – 20 kHz), tapi banyak pula yang mampu menerima bunyi setinggi 3 kHz. Ikan Mas yang disebut "hearing specialist" mampu menerima bunyi pada jangkauan 60 Hz- 30 kHz.



(Yohanes Surya)