TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Mesti Melek, Ikan Tetap Tidur


Tanya: Prof, saya sangat heran terhadap ikan. Kenapa ikan selalu terbuka matanya, seakan-akan tidak pernah tidur? Apakah matanya tidak bisa terpejam atau kalau sedang tidur, matanya tetap melek? Seumur-umur saya tidak pernah melihat ikan yang merem, apalagi tidur. Apakah ikan sengaja diciptakan untuk selalu melek dan menjadi insomnia?
Terima kasih atas jawabannya ya Prof. Semoga saya tidak pusing lagi.
(Farid Efendi, di Sleman)

Jawab: Terima kasih juga atas pertanyaan Anda. Begini. Seperti juga makhluk hidup lainnya, ikan juga perlu tidur, tetapi cara tidurnya berbeda dengan kita. Hampir semua ikan tidak mempunyai kelopak mata, sehingga ikan tidak dapat menutup matanya, meskipun saat itu sedang tidur pulas. Dalam keadaan mata yang melek, ikan tetap bisa tidur (beristirahat untuk memulihkan energinya). Cara ikan beristirahat macam-macam. Ada yang berhenti berenang dan membiarkan tubuhnya melayang-layang dalam air seperti ikan tuna. Ada yang sembunyi dan diam tenang di balik terumbu karang. Ada juga yang berbaring di dasar laut, sungai, atau perairan lainnya. Sama seperti kita, ada ikan yang tidur di siang hari, ada juga yang tidur di waktu malam.
Mudah-mudahan jawaban saya tidak membuat Anda pusing.


(Yohanes Surya)