TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Kura-kura Bernafas di Air


Tanya: Prof., belakangan ini banyak anakan kura-kura hijau yang dijual untuk dipelihara sebagai pemanis di akuarium. Setahu saya, kura-kura tidak bernapas dengan insang dan tempat hidupnya di darat.Yang membuat saya bingung, kenapa ketika saya membeli kura-kura dan memeliharanya di akuarium yang penuh dengan air, dia bisa bertahan bahkan bisa menjadi besar? Bagaimana cara kura-kura bernapas di air? (Andre Mathias, di Surabaya)


Jawab: Kura-kura yang Anda maksud mungkin terrapin. Menurut tempat hidupnya, kura-kura dibagi dalam tiga golongan. Golongan pertama, penyu (turtle) yang kebanyakan hidupnya di air. Kedua, kura-kura biasa (tortoise), yang hanya hidup di darat (tidak mempunyai selaput renang). Ketiga, terrapin yang bisa hidup di darat maupun di air.
Kura-kura memang bernapas dengan paru-paru yang terdapat di bawah tempurungnya. Namun, pada jenis-jenis kura-kura tertentu ada tambahan alat pernapasan yang memungkinkannya dapat hidup dalam air.



(Yohanes Surya)