TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Nyamuk Suka Panas


Tanya: Saya sangat senang membaca rubrik "Fenomena" yang Prof. asuh. Selama ini saya heran kenapa nyamuk suka sama warna gelap? Misalnya, di atas rambut atau kalau kita memakai pakaian warna gelap, pasti banyak nyamuk di sekitar kita yang beterbangan.Tolong dijelaskan ya Prof.! Terima kasih. (Yuliasman, Tangerang)


Jawab: Nyamuk suka warna gelap? Wah, bagaimana ya ... soalnya nyamuk itu tidak mampu melihat dengan baik lo! Namun, kalau Yuli memperhatikan nyamuk suka beterbangan di atas rambut itu karena nyamuk mempunyai antena (reseptor panas) yang sangat baik.
Antenanya mampu membedakan panas yang dipancarkan oleh berbagai benda. Panas yang dipancarkan benda akan menarik nyamuk datang. Benda-benda gelap biasanya mudah menyerap panas, tetapi juga mudah memancarkan panas yang akan menarik nyamuk datang.

Nah, itu mungkin salah satu sebab kenapa nyamuk suka rambut atau pakaian kita yang gelap. Di samping panas tubuh kita, nyamuk juga tertarik paa gas karbondioksida dari mulut kita dan bau-bau tertentu yang dihasilkan oleh bakteri yang hidup di kulit kita. Hal ini menyebabkan orang-orang tertentu lebih sering diserang nyamuk.



(Yohanes Surya)