TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Mondar-mandir di Perut Bumi


Tanya: Yang terhormat Prof. Yohannes Surya. Saya sangat tertarik dengan rubrik "Fenomena" yang Anda asuh. Melalui surat ini saya menyampaikan beberapa pertanyaan. Saya sangat berharap dijawab dengan konsep fisika yang benar.

Pertanyaan saya: jika seseorang menggali sumur hingga tembus bagian Bumi di sisi yang lain, misal menggali di Kutub Utara sampai tembus ke Kutub Selatan, apa yang terjadi ketika ia tercebur ke dalam sumur itu? Apakah ia terjebak di perut Bumi atau akan melayang hingga tembus di sisi yang lain? Berapakah nilai/besar gaya gravitasi yang dialaminya?

Atas jawaban yang diberikan saya mengucapkan terima kasih. (Dwi Adi Purnomo, melalui surat elektronik)

Jawab: Terima kasih sebelumnya atas perhatiannya terhadap Rubrik "Fenomena". Meski dalam kenyataannya susah sekali untuk membuat lubang yang menembus Bumi, namun saya mencoba menjawab melalui konsep fisika yang benar.

Ketika seseorang tadi jatuh ke lubang dari Kutub Utara, gaya gravitasi akan menariknya ke arah pusat Bumi. Makin lama gaya gravitasi yang menarik ini makin kecil dan akhirnya nol di pusat Bumi. Berhubung masih memiliki kecepatan akibat tarikan gaya gravitasi tadi, ia akan bergerak terus ke arah Kutub Selatan. Saat menjauh dari pusat Bumi, kembali gaya gravitasi akan menariknya sehingga gerakan orang tadi jadi melambat. Akhirnya, ia akan berhenti di Kutub Selatan.

Selanjutnya, seperti kejadian di awal tadi, gaya gravitasi akan menarik kembali ke Kutub Utara. Demikian seterusnya orang ini akan bergerak bolak-balik selamanya (dengan anggapan tidak ada gesekan udara dan gesekan lain).



(Yohanes Surya)