TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Venus Hilang Akibat Revolusi


Tanya: Dulu, ketika masih sekolah, saya mendapat penjelasan bahwa Bumi dan planet-planet lain dalam tata surya mengedari Matahari dengan masa revolusi yang berbeda-beda. Waktu itu saya yas-yes saja. Kini saya meragukannya.

Bila benar masa revolusi planet berbeda-beda, tentunya suatu saat Venus dan Mars tidak akan terlihat dari Bumi. Kenyataannya, dari nenek moyang kita hingga kini posisinya ya tetap di situ-situ saja. Juga bintang "gubug penceng", kenapa posisi dan jaraknya dari kita terlihat tetap saja? Tolong beri penjelasan dengan gambar ya, Prof.!

Terima kasih. (Winarto, di Kediri)

Jawab: Semoga setelah membaca ini jangan yas-yes lagi ya Win! Tapi, yes! dengan menggerakkan tangan yang dikepal ke bawah. He-he-he ....
Memang benar planet-planet mengelilingi Matahari dengan periode (masa revolusi) yang berbeda. Dari hasil penelitian, periode Bumi adalah satu tahun, Venus 0,62 tahun, dan Mars 1,88 tahun. Perbedaan ini disebabkan perbedaan gaya tarik gravitasi Matahari yang dialami oleh planet tersebut. Semakin jauh dari Matahari, semakin kecil gravitasinya. Menurut Kepler, perbedaan gaya gravitasi menyebabkan kuadrat periode suatu planet sebanding dengan jarak dari Matahari pangkat tiga (T2 sebanding dengan R3).

Jadi, bisa saja suatu saat Venus tidak terlihat dari Bumi karena terhalang oleh Matahari. Namun, ada kalanya juga Venus menghalangi pandangan kita dari Matahari. Inilah yang disebut transit Venus yang terjadi pada 8 Juni 2004 lalu (transit berikutnya 6 Juni 2012).

Pada kejadian itu Venus bergerak di antara Bumi dan Matahari. Venus terlihat sebagai bayangan (titik) gelap di cakram Matahari selama beberapa menit (lihat gambar). Transit Venus menunjukkan bahwa kecepatan atau masa revolusi Venus berbeda dengan kecepatan atau masa revolusi Bumi.

(Yohanes Surya)