TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Hujan Es di Negara Tropis


Tanya: Sepertinya ini pengalaman pertama saya. Waktu itu, sekitar bulan Januari 2004, ketika sedang asyik menonton televisi di siang hari, tiba-tiba hujan deras mengguyur kawasan tempat tinggal saya. Sayup-sayup saya mendengar ada benda keras jatuh menimpa atap plastik carport rumah saya. Karena penasaran, saya keluar dan betapa terkejutnya melihat butiran-butiran es jatuh dari langit. Yang menjadi pertanyan saya, apa yang menyebabkan hujan es tadi? Terima kasih atas jawaban yang Bapak berikan. (Abrienda Kinad Ri, di Jakarta)

Jawab: Hujan butiran es biasa terjadi ketika ada badai. Awan-awan badai terdiri atas campuran air dan kristal salju. Ketika kristal salju jatuh dari bagian atas awan ke bagian bawahnya, kristal ini akan bercampur dengan air membentuk butiran es. Akibat badai, sebagian butiran es ini ada yang naik kembali kebagian atas awan.

Ketika butiran ini turun kembali, butiran akan membawa air dan membekukannya sehingga terbentuk butiran es yang lebih besar. Setelah cukup besar butiran-butiran es ini akan turun ke Bumi sebagai hujan es (hail). Di beberapa tempat butiran es ini ada yang sebesar telur ayam.

(Yohanes Surya)