TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Fungsi Bulu Kemaluan


Tanya: Seperti kita tahu, di bagian-bagian tertentu dari tubuh kita ditumbuhi bulu atau rambut. Misalnya, ada bulu hidung, bulu mata, dan alis. Prof. Yo, setahu saya, bulu-bulu itu berfungsi menyaring atau menahan kotoran agar tidak masuk ke dalam hidung dan mata. Tapi, sampai sekarang saya tidak tahu apa fungsi dari bulu atau rambut di ketiak dan kemaluan (terutama laki-laki). Bersediakah Prof. Yo menjelaskan fungsi bulu atau rambut itu?

Terima kasih ya Prof. (Benny Kristanto, di Jakarta)

Jawab: Sdr. Benny, tentu saja saya bersedia menjawab pertanyaan Anda. Langsung saja ya. Salah satu fungsi rambut di ketiak atau di sekitar alat kemaluan adalah untuk mengurangi gesekan. Rambut-rambut ini memudahkan pergerakan tangan atau pergerakan ketika melakukan hubungan seksual.
Di sekitar rambut atau bulu-bulu itu terdapat banyak kelenjar apocrine yang berfungsi mengeluarkan feromon, yang baunya dapat menarik lawan jenis. Akhir-akhir ini feromon telah menjadi bahan riset yang cukup menarik dan telah dijadikan semacam parfum untuk menarik lawan jenis walaupun keampuhannya belum sepenuhnya diakui.



(Yohanes Surya)