TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Perih Hilang Karena Air Mata


Tanya: Pak Yohanes, mengapa air mata bisa meredakan mata yang perih? Meski singkat, semoga penjelasan Prof. Yo tidak ikut-ikutan singkat.
Terima kasih atas jawabannya.
(Yumi Wahyuni, di Padang)


Jawab: Mata perih biasanya disebabkan mata kering. Penyebabnya mungkin proses penguapan. Agar tidak perih, mata kering itu perlu dibasahi air mata. Ini sama seperti penguapan yang terjadi pada permukaan kulit kering ketika disiram air.
Saya sendiri mengalami hal ini ketika berkunjung ke Kazakhtan beberapa bulan lalu. Udara di sana cukup dingin, sehingga di kamar hotel digunakan pemanas. Akibatnya, kulit menjadi kering. Kemudian saya siram kulit yang kering ini dengan air dingin dan saya biarkan air dipermukaan kulit sampai menguap. Segar sekali rasanya.
Mengapa?

Ketika menguap, air mengambil panas dari permukaan kulit yang kering sehingga kulit terasa nyaman dan segar. Air mata juga mencuci mata dari kotoran yang mungkin menyebabkan mata gatal dan perih. Dengan keluarnya kotoran itu mata menjadi terasa lebih nyaman.



(Yohanes Surya)