TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Daur Hidup Rambut Kita


Tanya: Prof. Surya Yth. Menurut sebuah artikel di Intisari, tiap hari rambut kita hilang antara 45 - 60 helai. Lalu timbul pertanyaan: berapa sih umur tiap rambut kita? Apakah semua rambut akan mengalami rontok seperti yang terjadi pada ke-45 rambut yang hilang tiap hari itu? Bagaimana dengan rambut ibu-ibu zaman dulu yang panjangnya bisa sampai ke tanah, kenapa tidak rontok? Terima kasih untuk jawaban yang diberikan. (Adi, di Jember)

Jawab: Benar bahwa rambut kita bertumbuh setiap hari. Selama pertumbuhannya, rambut mengalami tiga fase. Yang pertama, fase anagen atau fase pertumbuhan. Pada fase ini rambut bertumbuh secara normal. Berikutnya, fase telogen atau fase istirahat. Dalam fase ini rambut berhenti bertumbuh selama 2 - 4 bulan. Pada akhir fase telogen sebagian rambut akan mengalami fase catagen atau fase rontok. Ada sekitar 40 - 100 helai rambut yang mengalami kerontokan. Nah, rambut yang tidak rontok akan terus bertambah panjang. Tentu saja, jika tidak digunting, bisa panjang sampai ke tanah, seperti ibu-ibu zaman dulu. Sedangkan di tempat rambut yang rontok akan tumbuh rambut baru.

Yang perlu digarisbawahi, fase-fase pertumbuhan rambut tidak terjadi secara bersamaan. Sekitar 90% rambut mengalami fase pertumbuhan dan sisanya (10%) mengalami fase istirahat pada waktu tertentu. Kalau terjadi bersamaan secara periodik (setiap beberapa bulan misalnya), kepala kita akan botak.
Di samping kerontokan normal, ada juga kerontokan permanen. Kerontokan permanen dapat mengakibatkan kebotakan juga. Penyebabnya bermacam-macam, seperti faktor keturunan, penyakit, pengobatan (kemoterapi), stres, ikatan rambut yang terlalu kuat, dan kerusakan rambut (akibat pengering rambut).Demikian jawaban saya!


(Yohanes Surya)