TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Bergidik Kala Kencing


Tanya: Saya teringat dengan pertanyaan yang sempat diajukan teman saya dulu pada suatu pelajaran biologi. Pertanyaan itu ialah mengapa sehabis kencing, terutama pada pagi hari, tubuh kita merasa merinding dan sering kita harus menggidikkan tubuh kita. Yang saya ingat waktu itu jawaban guru tidak begitu memuaskan. Mungkin Bapak dapat memberi penjelasan yang lebih ilmiah. Atas penjelasannya saya ucapkan terima kasih. Sukses buat Prof. Yo! (Kasirin, di Bandung)

Jawab: Di pagi hari tubuh kita hangat karena tertutup selimut. Suhu ruangan lebih rendah dari suhu tubuh kita. Perbedaan suhu ini menyebabkan sebagian panas keluar dari tubuh. Panas juga keluar melalui air seni ketika kita kencing (air seni terasa hangat). Akibat hilangnya sebagian panas tubuh ini, tubuh kita perlu membangkitkan panas di dalam tubuh. Caranya dengan mengaktifkan otot-otot. Otot yang aktif akan menghasilkan panas. Salah satu cara untuk mengaktifkan otot yaitu dengan menggidik atau menggigil.
Bagaimana sekarang? Semoga nanti tidak lupa lagi dengan jawaban soal itu.


(Yohanes Surya)