TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Saya Kok Kedutan di Pipi?


Tanya:  Semula saya mengira, kedutan hanya terjadi di daerah tubuh sekitar mata. Ternyata saya pernah mengalami kedutan di daerah tubuh yang lain, antara lain di pipi, di lengan bagian atas, dan juga di paha bagian atas. Ada orang yang menafsirkan bahwa kedutan di daerah tertentu merupakan pertanda akan terjadinya suatu peristiwa penting. Saya tidak mempercayainya! Yang saya rasakan adalah gangguan yang tidak menyenangkan karena saya tidak dapat menghentikan rasa tidak nyaman itu, kecuali menunggunya sampai berhenti dengan sendirinya. Apakah yang terjadi saat orang mengalami kedutan, dan bagaimana mekanisme biologiknya? Tolong ya, Prof! Terima kasih. (F. Lahenda, di Surabaya)

Jawab: Emang kedutan itu enak .. he-he ... bercanda kok! Begini, dalam otak kita terdapat banyak sel saraf. Ketika suatu informasi berupa impuls-impuls listrik hendak disalurkan dari satu sel saraf ke sel saraf lain, maka sel saraf asal akan membentuk suatu zat kimia yang disebut synaptic transmitter (seperti asetilkolin). Zat kimia ini yang akan meneruskan impuls ini ke sel saraf yang lain. Begitu tugasnya selesai, zat kimia ini akan dihancurkan oleh suatu enzim (asetilkolin akan dihancurkan oleh kolinesteras).
Pada waktu bagian tubuh kita bekerja terlalu keras, misalnya mata terus-menerus menatap komputer sepanjang hari, penghancuran zat kimia tadi menjadi tidak terlalu sempurna. Akibatnya, zat kimia ini mengalir tanpa kontrol sehingga otak menerima informasi yang seharusnya tidak terjadi. Inilah yang kemudian kita rasakan sebagai kedutan di sekitar mata. Kedutan ini dapat terjadi di berbagai bagian tubuh jika bagian tubuh itu terlalu intensif digunakan. Betul sekali, kedutan tidak ada hubungannya dengan pertanda akan terjadinya suatu peristiwa penting.



(Yohanes Surya)