TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Cegukan Dan Cara Mengatasi


Tanya: Sampai dengan saat ini saya ingin tahu mengenai cegukan (entah istilah apa yang tepat dalam bidang kesehatan). Ada beberapa yang memberi saran agar minum air putih sambil menahan napas. Namun, justru ada yang menganjurkan, seharusnya jangan sampai memasukkan cairan kedalam tenggorokan manakala kita cegukan.

Yang ingin saya tanyakan, cegukan itu apa sih? Bagaimana cara yang benar untuk menyembuhkannya? (Suharsojo, di Madiun)

Jawab: Cegukan sebenarnya adalah akibat kontraksi otot-otot pernapasan secara tiba-tiba. Ketika otot mulai bergerak, glotis (katup tenggorokan) menutup lubang angin di tenggorokan sehingga menghasilkan bunyi cegukan. Cegukan ini tidak berbahaya dan biasanya berlangsung hanya beberapa menit. Penyebabnya bermacam-macam, bisa makanan pedas, minuman bersoda atau beralkohol, tertawa tiba-tiba, terlalu khawatir, emosi, air dingin, udara dingin, penyakit paru-paru, asma, gangguan pencernaan, atau efek samping dari beberapa obat.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan cegukan, misalnya mengunyah jahe, makan es hancuran, minum air pada posisi miring, minum air secara cepat, kumur dengan air cuka, tarik napas lalu tahan napas selama mungkin sambil menekan perut sekeras mungkin, dekatkan kantong kertas di mulut kemudian tiup dan bernapas dari kantong itu, tutup telinga dan tekan selama beberapa menit, makan sesendok gula atau selai kacang kemudian minum.



(Yohanes Surya)