TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Apa itu The First Step to Nobel Prize?


The First Step  adalah suatu kompetisi riset ilmiah tahunan dalam bidang Fisika bagi para remaja diseluruh dunia. Ide pembentukan The First Step ini berasal dari Waldemar Gorzkowski seorang guru besar Fisika di Institute of Physics, Polish Academy of Sciences. Sekitar 20 tahun yang lalu Gorzkowski bekerja sama dengan Polish Children’s Fund memulai suatu workshop dalam riset Fisika.  Dalam workshop ini siswa-siswa SMA melakukan penelitian bersama dengan para peneliti senior. Ternyata hasil penelitian itu demikian baiknya bahkan beberapa makalah dapat dipublikasikan dalam jurnal-jurnal fisika yang cukup bergengsi.  Hasil ini ditambah dengan penemuan bahwa beberapa anak SMA mempunyai semangat meneliti yang tinggi, mendorong. Gorzkowski untuk membuat kompetisi riset untuk anak-anak SMA se Polandia pada tahun 1991/1992. Tujuannya adalah untuk menghargai usaha para murid SMA ini dalam meneliti serta memberikan kesempatan untuk membandingkan hasil penelitian mereka dengan penelitian siswa-siswa lain.  Dalam kompetisi ini terkumpul 59 makalah yang ternyata levelnya cukup tinggi. Kemudian dari makalah-makalah ini dipilih 7 pemenang utama (First Prize) dan 19 honorable mentions. Honorable mentions dibagi dalam dua kategori: makalah riset dan kontribusi.  Hadiah untuk para pemenang ini adalah berupa riset di Institute of Physics selama 2 minggu.

      Sambutan dan hasil kompetisi nasional yang begitu positif ini  mendorong Gorzkowski untuk mendirikan kompetisi sejenis tetapi untuk level internasional, lahirlah The First Step to Nobel Prize in Physics Competition di tahun 1992/1993.

Pada kompetisi pertama The First Step sambutannya sangat luar biasa, 23 negara berpartisipasi dan ada 134 makalah yang masuk. Dari makalah-makalah yang ada ini juri memutuskan untuk memberikan hadiah pertama (First Prize) pada 3 siswa, honorable mention kategori riset 13 siswa, honorable mention kategori kontribusi 14 siswa dan honorable mention kategori instrumentasi dan alat sebanyak 11 siswa.

Pada kompetisi kedua 26 negara berpartisipasi. Disamping ada negara-negara baru yang ikut serta adapula negara yang tahun sebelumnya ikut tetapi tahun ini tidak ikut. Jumlah total negara yang pernah ikut dalam 2 kompetisi pertama ini  ada 36 negara. Jumlah ini terus berkembang dan pada kompetisi ke 13 tahun 2005/2006 jumlah negara peserta yang pernah ikut kompetisi ini adalah 74 negara. 

Indonesia mulai berpartisipasi dalam kompetisi The First Step to Nobel Prize in Physics ini pada tahun 1999 atas prakarsa Yohanes Surya.  Melalui pelatihan yang cukup intensif, Made Agus Wirawan berhasil meraih medali emas (First Prize) dalam kompetisi riset ini. Kembali Indonesia membuktikan bahwa siswa-siswanya memang luar biasa.

Tahun 2000 Yohanes Surya terpilih sebagai Vice President The First Step to Nobel Prize in Physics competition ini hingga sekarang. Yohanes Surya juga aktif sebagai salah satu juri dari kompetisi ini.


The First Step to Nobel Website:
http://www.ifpan.edu.pl/firststep/



Yohanes Surya