TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Kelas Super DKI Siap Buka Kelas Kedua


Jakarta, Mei 2006 – Program Kelas Super DKI siap membuka Kelas keduanya akhir Mei bulan ini. Semua pelajar SMP Negeri DKI Jakarta yang nilai rata-rata (NEM) nya 9 dan minat di bidang sains dan matematika dapat segera mendaftarkan dirinya untuk mengikuti tes masuk program kelas khusus ini, menurut Margani M Mustar, Kepala Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi DKI Jakarta.

Program Kelas Super yang diresmikan bulan Agustus tahun lalu ini bertujuan untuk memfasilitasi perkembangan kemampuan yang hebat dari para anak-anak yang tergolong berbakat, yang selanjutnya mereka akan disiapkan untuk berpartisipasi dalam kompetisi olimpiade sains tingkat internasional. "Pelajar Indonesia tidak kalah dengan pelajar dari negara lain. Baru-baru ini Indonesia juga telah meraih the best experiment dan meraih 2 medali emas dalam olimpiade fisika internasional di Kazakhtan. Dengan adanya kelas super, kami berharap lebih dapat mempersiapkan anak-anak berbakat Indonesia untuk dapat mengharumkan nama bangsa di kancah internasional dalam bidang sains,"jelas Prof Yohanes Surya, Ketua Yayasan Team olimpiade Fisika Internasional (TOFI).  

Yohanes menyarankan sekolah-sekolah tingkat SLP Negeri di Jakarta yang memiliki anak berbakat dan memiliki minat tinggi di bidang sain dapat mendaftarkan siswa-siswi nya untuk ikut serta seleksi pelajar Kelas Super. Prof Yohanes menyarankan „hendaknya yang mendaftar adalah pelajar cerdas yang benar-benar memiliki minat di bidang sains dan matematika." Tim TOFI akan melakukan seleksi ketat terhadap pelajar yang mendaftar nantinya, mulai tes IQ hingga wawancara. Salah satu syarat untuk dapat mengikuti Kelas Super adalah memiliki IQ 150 ke atas. Namun Prof Yohanes Surya menyatakan bahwa pelajar yang pernah melakukan tes IQ dan hasilnya tidak mencapai 150 boleh saja mendaftarkan diri, asalkan hasil tes IQ tidak dibawah 130. „Kami akan lakukan tes IQ ulang kepada pelajar yang mendaftar,“ ujarnya. Seleksi ketat dilakukan agar tidak terjadi pelajar berhenti atau mengeluh di tengah jalan karena ternyata tidak sesuai dengan minatnya atau berbagai alasan lain.

Kelas Super DKI - yang berlokasi di SMU 3 Jakarta Selatan - memiliki kurikulum khusus yang menitik beratkan pada mata pelajaran matematika, fisika, biologi dan kimia. Kurikulum dikembangkan oleh team khusus dibawah pengawasan Prof. Yohanes Surya. Para pelajar akan menerima materi setara dengan materi yang diberikan kepada mahasiswa program sarjana dan bahkan pasca-sarjana di universitas. Mata pelajaran khusus diberikan setiap hari senin hingga kamis dengan bimbingan para dosen universitas dan instruktur yang berpengalaman. Pelajar Kelas Berbakat ini juga mendapatkan mata pelajaran lain seperti Agama, etika, kesenian, bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan olah raga. Mata pelajaran ini  diberikan pada hari Jum’at dan Sabtu.  

Kelas Super DKI periode 2006 – 2007 akan segera dibuka setelah hasil ujian Nasional diumumkan. Tahun lalu tersaring 20 pelajar berbakat yang benar-benar cerdas. „Kami senang dengan kemajuan anak-anak Kelas Super DKI Jakarta. Mereka dapat mengikuti pelajaran yang diberikan dengan baik meskipun materi yang diberikan setara perguruan tinggi,“ tambah Mahargani.

Program khusus bagi pelajar berbakat ini merupakan kerjasama PT BMW Indonesia, melalui program BMW Build nya, Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi Provinsi DKI Jakarta dan Yayasan Team Olimpiade FIsika Indonesia (TOFI). Program Kelas Super  DKI yang telah berjalan sejak September 2005, saat ini memiliki 20 pelajar berbakat kelas 1 SMU. Pelajar-pelajar ini diharapkan dapat menjadi peserta olimpiade fisika dunia pada tahun 2007/2008.

Presiden Direktur PT BMW Indonesia, Josef Honsel mengakui, perusahaannya memiliki komitmen besar terhadap dunia pendidikan di Indonesia. “Kami ingin membangun generasi muda Indonesia di masa depan melalui program BMW Build. Karenanya kami bangga dapat mengambil bagian dalam pengembangan pelajar berbakat melalui program Kelas Super DKI.” Sebagai founding partner Kelas Super DKI, PT BMW Indonesia ingin menjadi pionir dalam mendukung pelajar yang memiliki minat dan bakat dalam dunia sains dan penelitian di Indonesia.

***


BMW di Indonesia

PT BMW Indonesia merupakan anak perusahaan Bayerische Motoren Werke (BMW) Ag, perusahaan manufaktur mobil BMW yang berpusat di Munich, Jerman. Pendirian anak perusahaan tersebut pada bulan April 2001 menunjukkan keyakinan BMW Group akan kehadiran perusahaan tersebut di Indonesia untuk jangka waktu panjang, serta membuktikan komitmennya dalam mempertahankan dan meningkatkan posisi BMW sebagai pemimpin di segmen pasar mobil premium.

Kegiatan PT BMW Indonesia meliputi penjualan mobil BMW, suku cadang dan aksesoris serta perencanaan menyeluruh untuk penjualan, pemasaran, layanan purna jual dan kegiatan terkait lainnya di Indonesia. Jaringan dilernya meliputi 15 diler di berbagai kota di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai BMW Indonesia dapat dililhat melalui website di www.bmw.co.id

BMW Build

BMW Build adalah program tanggung jawab sosial corporate PT BMW Indonesia. Tujuannya, memberikan konstribusi secara aktif terhadap pembangunan masyarakat Indonesia lebih baik. Sehingga fokus perusahaan diarahkan pada bidang pendidikan anak-anak dan remaja

Kelas Super

Kelas Super DKI merupakan program khusus bagi pelajar berbakat yang memiliki tingkat Intelligent Quotient (IQ) 150 ke atas yang telah dinyatakan lulus dalam tahapan seleksi. Program ini hasil kerjasama antara Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi DKI Jakarta dan Yayasan Team Olimpiade Fisika dengan dukungan PT BMW Indonesia dan diresmikan pada bulan Oktober 2005.   Dikembangkan oleh Prof. Yohanes Surya, Ph.D dari Team Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI). Materi pelajaran yanga diberikan menitikberatkan pada matematika, fisika, biologi, dan kimia yang disetarakan dengan kurikulum universitas.

 
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:

Corporate Communications
Helena Abidin, Director of Corporate Communications
Tel: 021-30007710                Mobile: 0816968450                
Email: maria.h.abidin@bmw.co.id



Sie Doc