TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Kelas Super

Sosialisasi Kelas Super

Indonesia mempunyai banyak anak berbakat. Sejak tahun 1993 dalam Asian Physics Olympiad, International Physics olympiad dan International Junior Science Olympiad, Indonesia telah merebut tidak kurang dari 49 medali emas dan puluhan perak serta perunggu. Ini menunjukkan bahwa Indonesia mempunyai SDM yang mampu bersaing dengan SDM dari negara manapun.

Pada bulan Januari 2005 diadakan test anak berbakat di Jakarta untuk kelas I SMU. Dari beberapa sekolah terpilih direkomendasikan 1500 anak. Dari 1500 anak ini ternyata 44 anak mempunyai IQ diatas 150. Kemudian tahun 2006 kami mengadakan seleksi dari kabupaten Tobasa, dan dari sekitar 400 peserta test kami mendapatkan sekitar 5 orang yang IQnya diatas 140. Hasil ini kembali menunjukkan bahwa SDM kita tidak dapat diremehkan.

Melihat hal ini, Yohanes Surya terinspirasi untuk membentuk kelas untuk anak-anak super ini (anak yang IQ nya diatas 140 dan mempunyai motivasi tinggi).

Tujuan Kelas Super

Memfasilitasi perkembangan kemampuan yang hebat dari para anak-anak yang tergolong berbakat (jenius) untuk menjadi ilmuwan yang luar biasa yang akan mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Siswa

a.     Jumlah siswa per kelas 30 orang. Hanya dibuka 1 kelas.

b.     Siswa dipilih yang mempunyai bakat dasar yang kuat/jenius (test IQ hanya menguji kemampuan bakat bawaan saja). 

Kurikulum

Tahun I:

a.     Fisika, Matematika, Kimia, Biologi level perguruan tinggi tahun pertama.

b.     Musik : Piano/biola pengetahuan dasar (fokus pada musik-musik klasik yang membangkitkan kreatifitas), mengenal berbagai musik tradisional.

c.     Budi Pekerti (tentang etika dalam berbagai bidang, moral, tingkah laku, sikap dalam berhadapan dengan orang, sikap bicara, sopan santun, sikap dalam presentasi, mengunjungi penjara, mengunjungi suku terasing dsb)

d.     Bahasa Inggris (fokus pada conversation untuk dipakai di kelas II)

e.     Bahasa Indonesia (fokus pada bagaimana menulis karya ilmiah, menulis cerpen, mengenal karya sastra, membaca cepat).

f.     Art: painting, drawing

Tahun II:

a.     Fokus pada 1 bidang saja: matematika, Fisika, Kimia, Komputer atau Biologi (tiap kelas minimal 5 siswa) dengan pengantar Bahasa Inggris. Materi advanced (tingkat 2 dan 3 universitas).

b.      Ekonomi dan ilmu sosial (sociologi) ditujukan pada masalah-masalah di Indonesia dan kemungkinan-kemungkinan pemecahannya.

c.     Bahasa Inggris (fokus  pada test TOEFL, SAT dan menulis karya ilmiah dalam bahasa Inggris)

d.     Leadership fokus pada kemampuan memimpin kelompok,

e.     Music: Classic, mengenal alat-alat musik tradisional.

f.     Kunjungan ke berbagai pusat industri di Indonesia (mengenal SDA Indonesia dan potensi Indonesia ke depannya dalam percaturan dunia).

g.     Art: fokus pada berbagai seni di Indonesia seperti seni membatik, seni pahat, seni ukir, berbagai tarian daerah dsb

Tahun III:

a.     Fokus pada 1 bidang saja: matematika, Fisika, Kimia, Komputer atau Biologi dengan pengantar Bahasa Inggris. Materi ke arah Olimpiade International (tingkat S1/S2)

b.     Bahasa Inggris (fokus pada presentasi dan debat bahasa Inggris, membuat proposal riset).

c.     Sejarah Indonesia/sejarah dunia

d.     Bahasa Asing (optional): Mandarin, Jepang, Perancis, Korea atau Jerman.

e.     Music – kreativitas mencipta lagu

f.     How things work

g.     Banyak membaca buku-buku awam

h.     Mathematica, Matlab

Matapelajaran olahraga dan Agama diberikan pada hari sabtu.. Komputer (internet, programming secara umum) diberikan melalui tugas-tugas sekolah.

Minggu  dan hari besar: libur

Dosen pengajar

·        Untuk bidang-bidang Sains (Fisika, Kimia, Biologi) dan Matematika akan diberikan oleh para dosen yang bermutu dari berbagai perguruan tinggi. Para pengajar minimal S2.

·        Bidang-bidang lain diajarkan oleh para ahlinya.

Lulusannya

a.     Semua lulusannya akan diusahakan dapat melanjutkan studi ke luar negeri (kerjasama dengan negara-negara seperti Jerman, USA, Jepang, Perancis, Inggris, Korea). Beasiswa masih terus dicarikan (tetapi tidak bisa dijanjikan sekarang).

b.     Lulus S1 pada point a, seluruh siswa diharapkan  melanjutkan ke program S2/S3

c.     Lulus program S2/S3 mereka harus ambil postdoctoral dilanjutkan menjadi expert dalam bidangnya masing-masing.

d.     Selesai program a-c, mereka yang ingin karir dengan memakai fasilitas di luar negeri diperbolehkan tinggal di luar negeri asal tidak boleh ganti warganegara. Diharapkan mereka dapat menarik mahasiswa lain dari Indonesia untuk riset dengan grant yang diperolehnya.

e.     Para lulusan ini harus siap untuk kembali ke Indonesia ketika negara membutuhkan tenaga mereka untuk melakukan penelitian (tentu negara akan memberikan kompensasi yang kompetitif).


Kelas Super yang ada sekarang di SMAN 3 jakarta dan Briliant Class BPK Penabur Jakarta.

Kelas Super ini sayangnya masih belum berjalan seperti yang diharapkan. Kendala utama adalah dana (pelajar yang belajar di kelas Super ini tidak dikenakan biaya dan diharapkan ada asramanya). Untuk kelas Super DKI,  BMW mensupport pengajarnya. Asrama belum ada sehingga pembelajaran belum maksimal.

Untuk Briliant Class belum ada komitmen  kontinuitas dari para sponsor.

Bagi daerah atau organisasi (sosial, agama, pendidikan) apapun yang ingin membuat kelas super atau sejenisnya silahkan kontak langsung ke kelassuper@yahoo.com

Kita harapkan kedepannya dengan adanya  sponsor yang komit maka kelas super ini dapat dilaksanakan dengan baik sehingga bibit-bibit unggul dari setiap pelosok Indonesia dapat dimaksimalkan.

Catatan: Dalam kelas Super atau Brilliant Class, Prof. Yohanes Surya (Surya Institute) hanya bertanggung jawab dalam kurikulum sains (Fisika, Matematika  Biologi) dan matematika. Untuk bidang lain (misi diluar sains/matematika, agama, bahasa, olahraga dsb) merupakan hak dan kewajiban sekolah/organisasi  yang bersangkutan (tidak ada hubungannya dengan Prof.  Yohanes Surya/Surya Institute).


Kelas Super Website:

http://www.bpkpenabur.or.id/id/id/featured/brilliant

Beberapa artikel tentang kelas super di berbagai media:

http://www.menkokesra.go.id/content/view/3067/100

Kelas Super (Pdf)




Sie Doc