TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Apakah tim B dari TOFI itu?


Pada saat APhO didirikan oleh Yohanes Surya, terpikir bagaimana bisa mengakomodasi mereka yang ingin berpartisipasi namun karena suatu hal tidak dapat berpartisipasi dalam APhO. 

Untuk hal inilah maka dalam APhO ada delegasi yang dinamakan guest tim (tim Tamu). Mereka yang boleh menjadi tim tamu adalah sebagai berikut:

1.     Mereka yang berasal dari negara yang bukan Asia. Misalnya: Australia bukan negara Asia, namun mereka boleh berpartisipasi sebagai guest team.

2.     Mereka yang datang sebagai tim B dari suatu negara.  Negara-negara di Asia adalah negara-negara besar yang penduduknya sangat banyak. Di negara-negara ini perkembangan ilmu pengetahuan/pendidikan tidak homogen. Ada daerah yang sudah sangat maju pendidikannya, ada daerah yang belum maju (misalnya di Indonesia beberapa kabupaten/kota sangat rendah mutu pendidikannya).  Untuk mengangkat. mendorong dan memotivasi  daerah tersebut, maka daerah tersebut dibolehkan untuk ikut dalam APhO sebagai tim B. Tim B ini harus didaftarkan oleh negara dimana daerah tersebut ada. Oleh beberapa negara tim B ini sering disebut sebagai tim Cadangan, tim Persiapan, ataupun tim Pendorong kemajuan.

3.     Mereka yang ingin berpartisipasi tetapi negaranya tidak mendukung, misalnya Hongkong dan Macau. Hongkong dan Macau termasuk China. Namun mereka boleh berpartisipasi sebagai tim tamu.   (Catatan: Hongkong setelah melalui proses rapat dengan board member sekarang diijinkan datang sebagai tim Hongkong tidak lagi sebagai tim tamu). Contoh lain adalah India, ketika India belum berpartisipasi di APhO, dari India ada satu tim yang berasal dari satu kota. Mereka datang sebagai tim tamu.

Tim Tamu ini mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan tim-tim lain kecuali, nama-nama mereka tidak masuk dalam proceeding APhO. Mereka juga dikenakan biaya partisipasi untuk mengurangi beban biaya tuan rumah. 

Indonesia tahun ini mengirimkan tim B yang berasal dari daerah-daerah sebagai berikut: pekalongan, Bontang, Serui, Kupang, kab. Tangerang, dan Jayapura. Anggota-anggota  tim B diseleksi bekerjasama dengan kabupaten/kotamadya yang bersangkutan , kemudian dibina secara intensif oleh tim Pembina di Jakarta. Pembiayaan pelatihan ditanggung oleh pemda kabupaten/kotamadya/sponsor  yang bersangkutan.

Bagi daerah yang berminat untuk partisipasi, kepala daerahnya (bupati/walikota) dapat melayangkan surat permohonan ke President APhO dengan alamat:

 
APhO President,
Lippo Cyber Park No. 2071
Jl. Boulevard Gajah Mada, Lippo Karawaci
Tangerang – Banten, 15810
Indonesia
Telp: +62 21 – 5512584
Fax: +62 21 -5512585
Email: yohanes2surya@yahoo.com



Yohanes Surya