TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Sejarah TOFI 2011 - APhO


Anak Indonesia sabet Emas di APhO ke-12



Anak Indonesia yang tergabung dalam Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) sukses mempertahankan tradisi emas dengan memperoleh  medali emas (atas nama Evan Laksono SMA IPEKA Tomang Jakarta) dan 2 Honorable Mention (HM) di Asian Physics Olympiad (APhO) ke-12 yang diselenggarakan di Tel Aviv, Israel dari tanggal 1 – 9 Mei 2011.   

Ada 16 negara yang mengikuti APhO tahun ini yaitu Australia, China, Hongkong, India, Indonesia, Israel, Kazakhstan, Kyrgystan, Mongolia, Rusia, Singapura, Sri Langka, Taiwan, Tajikistan, Thailand dan Vietnam.

Tim ini dibina selama 6 bulan di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Surya di Tangerang, Banten.

APhO merupakan kompetisi negara-negara Asia yang diprakarsai oleh Prof. Dr. Yohanes Surya pada tahun 2000.  Indonesia selalu berpartisipasi sejak APhO pertama kali ini di Indonesia, dan berprestasi sangat baik dengan pencapaian sampai tahun ini adalah 23 medali emas, 15 perak, 27 perunggu dan 35 Honorable Mention (HM).  Indonesia selalu meraih medali emas di APhO sejak tahun 2005.

Indonesia juga selalu berpartisipasi di International Physics Olympiad (IPhO) sejak tahun 1993 dan meraih 20 medali emas, 18 perak, 25 perunggu dan 15 HM.  Indonesia secara konsisten meraih medali emas sejak IPhO tahun 2002.

Tim TOFI di APhO tahun ini dipimpin oleh 3 dosen dari STKIP Surya yaitu Dr. Hendra Kwee, Dr. Zainul Abidin dan Dr. Herry Kwee.  Alumni TOFI 2010, Kevin  Soedyatmiko dari SMAN 12 Jakarta, juga membantu sebagai salah satu staf tim tahun ini.

Kebanyakan pimpinan tim tahun ini menilai bahwa soal eksperimen APhO ini sangat sulit. Kesulitan utama terdapat pada soal kedua mengenai “Optical Blackbox”, dimana siswa diminta untuk menentukan sifat-sifat optik dari material untuk fabrikasi LCD. (***)




Sie Doc