TOFI
APhO
IPhO
IJSO
Kelas Super
The First Step to Nobel Prize
WoPho
Rektor UMN
Tanya Yohanes Surya
Pelatihan Guru
Surya Institute
SURE Center
Ekonofisika
Fisika Gasing
Game Learning
Matematika GASING - GIPIKA
Mestakung
Asyiknya FisikaAyo BermimpiBercerita tentang Peraih NobelCerita Seputar LombaOlahraga dengan FisikaTeknologi & Masa Mendatang
EntrepreneurASC 2008ICYSASEC 2008
Tim Olimpiade Fisika Indonesia

Logo TOFI

Tahun 1992 Yohanes Surya yang waktu itu kandidat doktor fisika di College of William and Mary tertarik melihat suatu pengumuman bahwa akan diadakan Olimpiade Fisika Internasional di College of William and Mary Williamsburg, Virginia Amerika Serikat.  Yohanes Surya mengajak rekannya Agus Ananda untuk mengundang 5 siswa Indonesia ke Amerika Serikat, melatihnya dan mengusahakan agar bisa bertanding dalam Olimpiade Fisika Internasional ke-24 yang berlangsung pada bulan juli 1993 dan diikuti oleh 41 negara ini.

Melalui perjuangan keras akhirnya terbentuklah  tim olimpiade fisika Indonesia (TOFI) angkatan pertama yang terdiri dari 5 siswa (Oki Gunawan, Jemmy Widjaja, Yanto Suryono, Nikodemus Barli dan Endi Sukma Dewata).    Oki Gunawan berhasil menyabet medali perunggu pertama untuk Indonesia dalam olimpiade yang sangat bergengsi ini.

Akhir tahun 1994 akhir Yohanes Surya memutuskan untuk pulang ke  Indonesia untuk mempersiapkan tim Olimpiade Fisika Indonesia agar lebih baik hasilnya. Targetnya adalah menjadikan Indonesia juara dunia Olimpiade Fisika, semboyannya adalah Go Get Gold.

Tahun 1995 didirikanlah Yayasan TOFI. Lewat yayasan ini pelatihan TOFI dapat bergulir secara baik.  Tahun 1995 dalam Olimpiade Fisika ke 26 di Australia, TOFI (an Teguh Budimulia) berhasil mempersembahkan medali perak pertama untuk Indonesia.

Lewat perjuangan yang tidak mengenal lelah, prestasi TOFI kian lama kian membaik. Tahun 1999 giliran Made Agus Wirawan mempersembahkan medali emas pertama untuk Indonesia. Dan tahun 2006 untuk pertamakalinya dalam sejarah, Indonesia menjadi juara dunia olimpiade Fisika Internasional. Jonathan Mailoa menjadi peringkat 1 dari 386 peserta yang berasal dari 85 negara.

Tahun 2008 Yohanes Surya lebih berfokus pada pelatihan guru dan bagaimana fisika dapat disebarluaskan ke seluruh Indonesia sehingga Indonesia cinta Fisika. Untuk pelatihan TOFI diserahkan pada alumni yang dipimpin oleh Dr. Hendra (alumni TOFI 1997 yang mendapat Ph.D dari Physics Department  College of William and Mary).(***)


TOFI Website: www.tofi.or.id


Yohanes Surya